Kendari Peristiwa

Viral Video Bullying Mahasiswa UHO, WR III: Sangat Merugikan Nama Baik UHO

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Video Mahasiswa Jurusan Ekonomi FKIP UHO sempat viral karena bullying atau dikenal pula dengan istilah perundungan yang dilakukan oleh seniornya kepada para mahasiswa baru di Pantai Nambo pada 28 Februari 2020.

Wakil Rektor (WR) III UHO, Nur Arafah mengatakan soal Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang berujung kekerasan, pihak kampus telah mengambil sejumlah langkah antisipasi dan sementara menggali fakta dan info yang terjadi dalam video tersebut.

“Tadi pagi rapat semua Ketua Jurusan dan Wakil Dekan untuk membahas dan mengklarifikasi dari video. Kejadian itu sangat merugikan nama baik UHO maupun citra kegiatan kemahasiswaan di UHO,” kata Arafah dalam acara konferensi persnya, Selasa (02/03/2021).

Ia berjanji, akan menyelesaikan sesuai aturan UHO. Saat ini audah ada klarifikasi dari pihak Jurusan Ekonomi FKIP UHO.

“UHO secara institusi tidak pernah mengeluarkan izin terkait kegiatan tersebut. Acuannya jelas ada dalam panduan UHO selama pandemi Covid-19. Apa yang terjadi di luar sepengetahuan institusi, kami kaget baru mengetahui setelah video itu viral dan tidak pernah mengizinkan,” beber Nur Arafah.

“Hasil klarifikasi dari jurusan yang ada mereka tidak tahu menahu masalah tersebut. HMJ Jurusan itu tidak diberikan izin oleh institusi,” sambungnya.

Soal sanksi maka akan dilihat dulu, mulai dari proses pemberian izin tingkat universitas itu oleh WR III, tingkat Fakultas itu oleh WD II sementara itu, jurusan itu Kajur dan koordinasi dengan WD III.

“Soal sanksi kami akan menindaklanjuti kemungkinan apakah ada pelanggaran sehingga ditempuh langkah-langkah sesuai aturan akademik. Kalau berkaitan dengan aspek di luar akademik atau keberatan silahkan melapor ke pihak yang wajib,” ucapnya.

“Kami sangat melarang tidak hanya tertulis tetapi juga secara lisan, kami juga menjatuhkan sanksi. Sanksi-sanksi dalam bentuk teguran, peringatan tertulis dan skorsing,” tukas Arafah. (INIKATASULTRA/MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Diduga Konflik Soal Tanah, Rumah Sepasang Suami-Istri di Wakatobi Dibakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *