Kesehatan Nasional

MUI: Vaksin Sinovac Halal, Namun Tunggu Penjelasan BPOM Terkait Unsur “Thoyyib”

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa Vaksin Sinovac Halal dan Suci. Hal tersebut disampaikan setelah diambil keputusan atas Sidang Pleno yang digelar siang tadi, Jumat (8/1/2021).

Ketua Harian Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam mengatakan sidang digelar selama hampir dua jam diikuti pimpinan dan anggota komisi fatwa serta tim auditor Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

“Setelah dilakukan diskusi panjang, rapat komisi fatwa sepakat bahwa Vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang diajukan proses sertifikasi oleh Bio Farma hukumnya suci dan halal,” kata Asrorun usai sidang pleno, Jumat (8/1/2021)

Namun demikian, fatwa utuh terkait kebolehan dan keamanan penggunaannya belum dijelaskan.

“Fatwa utuh akan disampaikan setelah BPOM menyampaikan mengenai aspek keamanan untuk digunakan. Apakah aman atau nggak, maka fatwa akan lihat aspek itu,” imbuhnya dalam jumpa pers virtual, Jumat (8/1/2021).

“Dengan demikian Fatwa MUI terkait dengan produk vaksin Covid-19 dari Sinovac akan menunggu hasil final dari Badan POM dari aspek Thoyib. Jadi Fatwa utuh akan disampaikan setelah aspek keamanan untuk digunakan,” pungkasnya.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  BREAKFAST FOR GOOD HEALTH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *