Kendari Kesehatan

Tingkatkan Keterampilan Masyarakat Dalam Hal P3K, Basarnas Kendari Gelar Bimtek

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Kendari menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Potensi Dasar Pertolongan Pertama Bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari sejak Senin (22/3/2021) hingga Rabu (24/3/2021) di Kantor Basarnas Kendari.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi. Dalam sambutannya, Aris Sofingi berharap melalui Bimbingan teknik pertolongan pertama bagi potensi pencarian dan pertolongan dapat menghasilkan output yang memiliki kompetensi nyata dan dapat dipertanggungjawabkan serta memiliki semangat kemanusiaan untuk memberikan pelayanan jasa di bidang sar seoptimal mungkin.

Humas Basarnas Kendari menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan keterampilan pencarian dan pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

“Peserta diharapkan dapat mengetahui tentang substansi Basarnas, mampu melakukan tindakan sebagai penolong pertama pada kasus gawat darurat tingkat dasar pada kecelakaan, memiliki pengetahuan dan mampu menjelaskan pedoman pertolongan pertama, memiliki pengetahuan tentang peralatan pertolongan pertama serta memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang Penanganan pertama pada Korban kecelakaan,” jelasnya.

Kegiatan ini pula, lanjutnya, merupakan tindak lanjut atas harapan dari Komisi V DPR-RI dalam Rapat dengar pendapat yang menginginkan Basarnas untuk semakin melibatkan banyak potensi sar yang dapat memberikan pertolongan apabila terjadi kecelakaan.

“Mereka juga berharap pengetahuan tentang pencarian dan pertolongan dapat menjadi bagian dari budaya hidup di lingkungan kita masing-masing, sehingga kita dapat menjadi bangsa yang kuat dan siap menghadapi apapun jenis musibah yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita,” tuturnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang yang berasal dari berbagai elemen masyarakat, di antaranya Karang Taruna Sipammase-mase, Karang Taruna Bajo, Karang Taruna Beringin Indah, Karang Taruna Watu bangga, AMPG Kota Kendari, SAR Hidayatullah, dan Gudep Avignam Jagat Samagram.

Baca Juga  Jelang Ekspor 50 Ton Tepung Kelapa Ke Rusia, Balai Karantina Kendari Lakukan Bimtek

Beberapa materi yg akan diajarkan di antaranya Teknik Pemindahan korban, Penilaian korban, BHD dan RJP, Perdarahan an Syok, Cedera Alat Gerak dan Cedera Jaringan Lunak. (MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *