Kendari Kriminal

Terduga Pemberi Suap Terhadap Oknum Pejabat Dinkes Sultra Dalam Pengadaan Alat Pemeriksaan Covid-19 Tiba di Kendari

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Dua orang yang diduga sebagai pemberi suap terhadap oknum pejabat Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah tiba di Kendari pagi tadi, Selasa (26/01/2021), Pukul 11.44 WITA. Keduanya langsung diboyong oleh Tim Penyidik ke Ruang Pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi Sultra.

Dua orang yang berinisial IA (Perempuan, 24 Tahun) dan TGJ (Laki-laki, 48 Tahun) itu sebelumnya ditangkap oleh Tim Gabungan Intelejen Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara dan Kejaksaan Negeri Jakarta Barat pada Senin (25/01/2021) di Jalan Meruya Ilir Raya Nomor 88, Meruya Utara, Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Kedua terduga tersebut diketahui bekerja di PT. Genecraft Labs yang merupakan salah satu perusahaan penyedia alat tes PCR Real Time. IA sendiri bertindak sebagai Sales, dan TGJ merupakan Direktur dari perusahaan tersebut.

Ket: Kedua Terduga Kasus Suap Terhadap Oknum Pejabat Dinkes Sultra.
Foto: Ist

Dari keterangan pers yang disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksanaan Agung (Kejagung), Leonard Eben Ezer Simanjuntak, kedua terduga pelaku ditangkap terkait dugaan kasus pemberi suap tindak pidana pengadaan barang dan jasa. Keduanya disebut melakukan memberi suap dari nilai kontrak pada oknum pejabat Dinkes Provinsi Sultra terkait program percepatan penanganan COVID-19.

“Diduga sebagai pemberi suap sebesar 13% dari nilai kontrak pada oknum pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara dalam perkara Tindak Pidana Korupsi pemberian dan penerimaan sejumlah uang (suap) Rp.431.862.074,- terkait pelaksanaan pengadaan Alat Pemeriksaan Covid-19 (RT-PCR/Reagent) Program Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2020 dengan nilai Rp.1.715.056.700,- dan Rp.1.360.884.0000,” ucap Leonard.

Leonard menjelaskan berdasarkan surat perintah penyidikan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara Nomor: Print-02 /P.3/Fd.1/01/2021 tanggal 20 Januari 2021, kedua terdua pelaku dijerat beberapa pasal terkait dugaan korupsi. Hingga saat ini mereka masih dalam proses penyelidikan oleh pihak terkait.

Baca Juga  Lagi, Ruko Dekat JTK Terbakar, 7 Ruko Dilahap Si Jago Merah

Laporan : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *