Advertorial Pelayanan Publik

Tegas! Gubernur Sultra Ancam Pengusaha Tambang yang Langgar Regulasi: Yah Kita Cabut, Emangnya Siapa Dia?!

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Animo pengusaha tambang untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi di Provinsi Sulawesi Tenggara nampak luar biasa. Atas kondisi tersebut, berbagai kalangan merasa khawatir jika ekosistem dapat terganggu oleh investasi tambang secara besar-besaran tersebut.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKMP) menjelaskan bahwa fungsi pengawasan menjadi kunci utama yang harus dilakukan untuk mencegah dampak buruk dari usaha tambang tersebut.

Bahlil mengungkapkan bahwa saat ini AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) telah menjadi bagian dari Izin Usaha Pertambangan. Olehnya itu, lanjutnya, pengawasannya akan menjadi lebih ketat dari sebelumnya. Jika kemudian ada pengusaha yang melanggar, maka akan ada tahapan-tahapan pemberian sanksi yang dapat berujung pada pencabutan izin usaha.

“Itu sekarang aturan dalam undang-undang. Jadi sekarang ini tinggal berani atau tidak. Dan kalau soal keberanian, tidak perlu ragukan keberanian saya,” tegas Bahlil saat Konfrensi Pers di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Selasa (30/3/2021).

Untuk pengawasan di tingkat provinsi sendiri, Gubernur mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan penataan, baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten. Soal ketegasan pemerintah provinsi memberi penindakan atas usaha yang betul-betul tidak sesuai regulasi, gubernur menegaskan tidak akan segan-segan untuk mencabut izin usahanya.

“Kalau ada pengusaha tambang yang melanggar aturan, khususnya Undang-undang Cipta Kerja, yah kita cabut. Emangnya siapa dia,” tegas Gubernur.

Gubernur berjanji akan mengeluarkan himbauan dan instruksi kepada seluruh pengusaha terkait keharusan berkantor pusat di Sultra. Begitu pula dengan keharusan ber-KTP dan tercatat sebagai wajib pajak di Sultra.

“Bagi mereka yang melanggar, yah kita cabut,” kata Gubernur.

“Insya Allah kalau masyarakat dan pemerintah bahu-membahu, bekerja sama, ini tidak akan ada yang tidak beres. Pasti akan selesai. Dan mudah-mudahan semua bekerja untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Gubernur Sultra Dapat Penghargaan The Best Governor 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *