Kendari Peristiwa

Si Jago Merah Lahap 3 Rumah Warga, Begini Kesaksian Warga

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Kebakaran hebat kembali terjadi di pemukiman warga yang beramalat di Jl. Sultan Hasanuddin, Lr. Beruang, RT 8, RW 3, Kel. Tipulu, Kec. Kendari Barat, Kota Kendari.

Si Jago Merah diperkirakan mulai “beraksi” melahap 3 rumah, 1 warung dan 1 unit motor sekitar Pukul 03.00 WITA dinihari, Selasa (23/02/2021).

Dari info yang berhasil dihimpun oleh Tim Durasi Sultra, 3 rumah itu masing-masing milik Asmawati alias Mama Norma (40), Muhlis (35), dan Intan Berlian (33).

Menurut keterangan saksi Fardiansyah, awalnya sekitar pukul 03.30 WITA, mendengar ada ribut-ribut di depan rumah, ia melihat nyala api yang sudah membesar berasal dari rumah milik Asmawati.

“Ada percikan api di depan rumah kamar milik Mama Norma. Setelah itu api mulai membesar mengenai dua rumah lainnya yakni milik Intan Berlian dan Muhlis,” kata Fardiansyah.

Sementara itu, menurut saksi lainnya, kebakaran diawali dengan munculnya bau kabel terbakar di dalam rumah sekitar pukul 02.30 WITA.

“Sekitar jam 02.30, anak saya yang bernama Ayu pulang dari tempat kerjanya dari menjual pisang epe di Kendari Beach dan menyampaikan kepada saya bahwa ada bau kabel terbakar, tapi setelah itu kami tertidur. Nanti jam 03.30 saya terbangun karena keadaan mati lampu dan melihat ada sumber api dari kamar sebelah dan langsung berteriak ada kebakaran dan langsung membangunkan anak dan keluar dari rumah,” ungkap Sumiati.

Kobaran Api tersebut baru dapat diatasi selang beberapa jam kemudian setelah petugas pemadam kebakaran dari Dinas Damkar Kota Kendari turun ke lokasi.

“Dibantu warga, api baru dapat kami padamkan sekitar dua sampai tiga jam,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari, Junaidin Umar.

Baca Juga  Puluhan Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Sultra, Vaksinasi Tahap II Siap Dilaksanakan

Kapolsek Kemaraya, Iptu Ridwan mengatakan, hingga kini pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran.

“Untuk penyebab kebakaran belum dapat dipastikan, namun diduga  akibat arus pendek listrik,” ungkapnya.

Meski tak ada korban jiwa, kerugian materil akibat kebakaran ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Tim Wahdah Peduli yang nampak bergegas menuju lokasi membantu para korban melaporkan bahwa kondisi lapangan cukup memprihatinkan.

“Kondisi barang-barang tidak ada yang dapat diselamatkan,” ungkap Agus Haeruddin, Ketua Wahdah Peduli Sultra.

“Salah seorang korban kebakaran menyatakan bahwa saat itu mereka sedang terlelap tidur, tiba-tiba api sudah sampai di atap rumah, sehingga kondisinya begitu sulit,” jelasnya.

Agus menambahkan bahwa saat ini kebutuhan yang paling mendesak bagi para korban berupa Pakaian, Sembako, Perlengkapan Bayi dan Tenda.

“Mari meringankan beban saudara kita dengan memberi bantuan materi, tenaga maupun doa,” himbaunya.

Editor: MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Si Jago Merah Lahap 3 Rumah Warga, Begini Kesaksian Warga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *