Buton Tengah

Sekolah di Buteng Tetap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Buton Tengah, durasisultra.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buton Tengah (Buteng) punya sikap yang berbeda terkait Proses Pembelajaran di Tengah Masa Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini.

Di saat Bupati dan Wali Kota se Sulawesi Tenggara beramai-ramai memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (Learning From Home) bagi seluruh tingkatan Institusi Pendidikan di daerahnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk tetap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buteng, Abdullah, S.Pd. Bahkan kata dia, Pembelajaran Tatap Muka telah berlangsung selama Enam bulan di Buteng.

“Sudah Enam bulan berjalan ini pembelajaran, acuan kita yaitu Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran tahun 2020/2021,” ungkapnya kepada Tribun Buton, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, Pembelajaran Tatap Muka tersebut akan terus dilangsungkan meski Gubernur Sulawesi Tenggara telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Penundaan Pembelajaran Tatap Muka Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021, karena pada prinsipnya kewenangan penentuan Pembelajaran Tatap Muka diserahkan kepada Pemerintah Daerah, Sekolah dan Orang Tua, sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia, melalui Kanal Youtube Kemendikbud RI, Jumat (20/11/2020).

Meski demikian, Pemkab Buteng tetap memberi perhatian serius terkait pencegahan Covid-19 di Lingkungan Sekolah. Berbagai macam strategi dilakukan agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di Area Sekolah.

“Setiap sekolah kita adakan Double Shift. Satu Kelas kita bagi jumlah siswanya. Jadi setiap guru bisa saja mengajar sampai lima kali sehari,” ujarnya.

 “Adapun akan dilakukan penutupan dan penundaan proses tatap muka jika ada sekolah yang terindikasi covid 19 baik siswanya maupun gurunya positiif,” imbuhnya.

Baca Juga  Pemkab Buteng Buka Penerimaan CPNS, Formasi Guru Tidak Termasuk

Editor : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *