Kendari Kesehatan

Sejumlah Pasar di Kendari Dianggap Tidak Sehat, Kadis Kesehatan: Akan Kita Dudukkan Bersama

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Sejumlah pasar di Kota Kendari dinyatakan belum terkategori sebagai Pasar Sehat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahmaningrum.

“Kalau dari hasil pengamatan kami, dari sekian jumlah pasar di Kota Kendari memang belum ada yang memenuhi sebagai pasar sehat,” ujarnya saat ditemui rekan media, Rabu (27/01/21).

Kriteria Pasar Sehat sendiri telah disebutkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. 519 Tahun 2008 tentang enam aspek kriteria lingkungan pasar yang dianggap sehat. Diantaranya lokasi, bangunan, sarana pendukung higiene dan sanitasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), keamanan dan fasilitas pendukung lainnya.

“Untuk dapat dikategorikan sebagai pasar sehat perlunya sisi kebersihan, keamanan, pengaturan pasar, kerapian dan ketersediaan fasilitas,” jelasnya.

“Yang jelas, untuk pasar yang ada di Kota Kendari belum bisa dikategorikan sebagai pasar sehat,” imbuhnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya telah meminta peran bersama lintas sektor untuk dapat menyelesaikan permasalahan kebersihan pasar. Terlebih lagi, lanjutnya, Kota Kendari sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian Kota Sehat 2021.

“Kita akan minta data dari OPD terkait, dan akan kita dudukan bersama,” pungkasnya.(MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Walikota Kendari Ingatkan Pentingnya Izin Orang Tua Dalam Pembelajaran Tatap Muka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *