fashion Nasional Wakatobi

Sandi Uno Kenalkan Tenun Wakatobi ke Menteri Hungaria

DURASISULTRA.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan tenun khas Wakatobi, Sulawesi Tenggara kepada Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, HE Péter Szijjártó.

Tenun Wakatobi diperkenalkan ketika rapat dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, HE Péter Szijjártó pada 16 Februari 2021. Sandiaga Uno bahkan mengenakan pakaian adat motif tenun Kaledupa, Wakatobi lengkap dengan ikat kepalanya (Kampuru).

Sandiaga Uno mengatakan, rapat tersebut membahas potensi kerja sama antara dua negara di bidang pariwisata, serta memperkenalkan pakaian adat Kaledupa, Kabupaten Wakatobi.

“Selain membahas potensi kerja sama antar kedua negara, saya memperkenalkan pakaian adat yang hari ini saya gunakan, yakni motif tenun ikat Kaledupa,” ucapnya melalui akun Facebooknya.

Unggahan Facebook Sandiaga Uno juga menjelaskan Kaledupa merupakan pulau di Sulawesi Tenggara yang terkenal dengan desa tenun tertua, yaitu Desa Pajam.

“Pakaian ini didesain oleh desainer asal Sulawesi Tenggara yang mendunia, Kusminto Herman Prasetyo, dengan memberdayakan dan membuka lapangan kerja kepada pengrajin tenun binaan Dekranasda Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Terkait rapat itu, Menparekraf berharap bisa membawa keuntungan di antara kedua negara, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Indonesia memiliki begitu banyak daya tarik pariwisata untuk wisatawan Hungaria. Mulai dari festival seni, wisata kuliner.

“Mudah-mudahan dengan berbagai persiapan yang sedang kita lakukan saat ini, pascapandemi nanti kita akan bangkit lebih baik, lapangan kerja yang menjadi harapan banyak masyarakat dapat terbuka luas,” tambahnya. (SULTRAKINI/MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  PKS & MUI Harap Pemerintah Jangan Main Paksa Soal Program Vaksin, Gunakan Pendekatan Persuasif & Edukatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *