Kendari Pelayanan Publik

Rayakan HUT ke 190, Pemkot Kendari Kurangi Denda 10 Jenis Pajak Hingga 100%

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari yang ke 190, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengurangi denda pajak daerah bagi masyarakat yang menunggak pembayarannya. HUT Kota Kendari ke 190 sendiri jatuh pada tanggal 9 Mei 2021.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari, Sri Yusnita, menjelaskan bahwa pengurangan denda ini diberlakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Kendari No. 311 Tahun 2021. Kebijakan ini diberlakukan sejak 1 April hingga 31 Mei 2021.

Olehnya itu pemerintah berharap masyarakat, utamanya para wajib pajak, dapat memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya.

“Diharapkan semua wajib pajak yang memiliki tunggakan pajak pada pemerintah kota segera melakukan pelunasan pajak,” himbau Sri.

Pengurangan denda pajak tersebut berlaku untuk 10 jenis pajak, yakni Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Paham Reklame, Pajak Bumi Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan, Pajak Parkir, Pajak Minerba, Pajak Air Tanah, Pajak Penerangan Jalan dan Pajak Sarang Burung Walet.

Mekanisme pengurangan denda tersebut terbagi dua. Ada yang dikurangi sebanyak 100 persen, adapula yang hanya 70 persen.

“Kami akan berikan pengurangan denda sebesar 100 persen kalau pembayaran tunggakan dilakukan bulan April dan pengurangan 70 persen kalau dibayar bulan Mei 2021,” jelasnya.

Untuk diketahui, hingga triwulan pertama Bapenda telah mengumpulkan PAD dari pajak dan retribusi lebih dari Rp 30,3 miliar. (MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Pemprov Sultra Hibahkan Tanah dan Bangunan Kepada Ombudsman RI Perwakilan Sultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *