Kendari Kesehatan

Ratusan Nakes di Sultra Tidak Bisa Ikut Program Vaksinasi Covid-19, Berikut Alasannya

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah berlangsung di dua daerah, yakni Kota Kendari dan Kabupaten Konawe. Berdasarkan Laporan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra per Kamis (21/01/2021), total realisasi kegiatan vaksinasi mencapai 1.135 orang, dengan rincian 864 orang di Kota Kendari dan 271 orang di Konawe.

Program Vaksinasi tersebut dijalani oleh para pejabat pemerintah baik di tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten dan juga beberap tokoh masyarakat dari kalangan akademisi dan tokoh agama serta tenaga kesehatan (nakes).

Dari total yang divaksin sebanyak 1.135 orang tersebut, kaum perempuan lebih banyak ketimbang laki-laki baik di Kota Kendari maupun di Kabupaten Konawe. Nakes perempuan yang menjalani vaksinasi sebanyak 791 orang sedangkan laki-laki hanya 344 orang.

Jumlah sasaran vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 21.243 orang, dan telah terdaftar pada aplikasi P-Care milik Kementerian Kesehatan RI. Jumlah ini tersebar di 17 kabupaten/kota.

Dari jumlah sasaran tersebut, yang telah diregistrasi ulang sebanyak 5.571 orang. Namun yang bersedia divaksin hanya 5.336 dan sisanya sebanyak 235 berhalangan untuk divaksin dengan berbagai alasan.

Ada 10 penyebab sehingga vaksinasi bagi para nakes ini batal atau tertunda, yakni karena mereka mengalami hipertensi saat hendak divaksin, menderita penyakit kronis, sedang menyusui, hamil, penyintas Covid-19, menderita diabetes, penyakit paru kronis, jantung, kanker, dan penyakit ginjal. Persentase terbesar karena mengalami hipertensi, yang mencapai 59 orang.(MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Bupati Kolaka Akan Mutasi Nakes yang Enggan Divaksin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *