Pelayanan Publik Wakatobi

Puluhan Tahun Tanpa Aliran Listrik, Pemda Wakatobi Gandeng PLN Terangi Perkampungan Suku Bajo

DURASISULTRA.ID, WAKATOBI – Bupati Wakatobi, Arhawi melakukan peresmian jaringan listrik untuk suku bajo di Desa Samabahari, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi.

Tempat yang sejak Indonesia merdeka belum pernah teraliri listrik milik negara tersebut kini bisa menikmati terangnya aktifitas di malam hari yang disinari listrik melalui upaya Pemda kabupaten Wakatobi

“Hari ini telah kita resmikan bersama pihak PLN. Ini upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menjamak pelayanan listrik di wilayah-wilayah (desa) yang belum dijangkau,” ucap Arhawi usai peresmian, Rabu (3/3/2021).

Menurut kacamata PLN, kata dia, bahwa desa yang berpenduduk Suku Bajo itu belum masuk kategori prioritas untuk dilalui jaringan listrik. Namun, dengan upaya Pemda, dalam hal ini Bupati, memiliki inisiatif agar desa tersebut dapat dialiri listrik.

“Seumur Wakatobi mekar, Desa itu baru merasakan adanya jaringan listrik, ini perlu kita syukuri bersama,” tuturnya.

Arhawi melanjutkan, selain Desa Samabahari, Pemda juga terus memikirkan agar desa yang belum dilalui jaringan listrik khususnya di Pulau Kaledupa, dapat dijangkau, seperti, Desa Sombano dan Bajo Lohoa.

“Di dua desa ini bila kita lihat memiliki kendala jarak antar desa. Namun, hal ini telah menjadi perhatian saya, di tengah keterbatasan sarana fasilitas PLN,” ungkapnya.

Tambahnya, selain mengupayakan jaringan listrik masuk desa, Pemda juga telah berkoordinasi dengan pihak PLN untuk menghadirkan pembangkit listrik tenaga surya. Hal ini merupakan upaya Pemda dalam memenuhi arus listrik 24 jam, menyala.

“Masalahnya kenapa tidak jadi dibangun tahun 2020 kemarin karena pandemi covid-19. Mudah-mudahan pandemi ini mulai landai agar pembangunan tenaga listrik tenaga surya dapat terealisasi di dua pulau,” harapnya.

Kepala ULP Wangi-Wangi, Talib mengatakan ada sebanyak 67 kepala rumah tangga telah masuk daftar tunggu sambungan baru. Kendati, rencana awalnya 300 rumah tangga.

Baca Juga  April 2021, BSI Mulai Satukan Layanan Operasional Wilayah Sulawesi

“Saat ini sudah sebanyak 67 kWh yang masuk daftar sambungan baru,” katanya.

Dia mengungkapkan, hadirnya jaringan listrik di desa tersebut tentu merupakan upaya Pemda dan pihaknya dalam menjangkau pelayanan kelistrikan di masyarakat.

“Sehingga itu kami berharap masyarakat khususnya di Desa Samabahari dapat menggunakan listrik dengan bijak,” ungkapnya.

Laporan: MLS
Editor: MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *