Nasional Tokoh

Profil Gus Yaqut: Menteri Agama Lulusan Pendidikan Umum

Jakarta (durasisultra.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah memperkenalkan 6 nama menteri baru di tubuh Kabinet Indonesia Maju hasil reshuffle Desember 2020, Selasa (22/12/2020). Salah satu posisi menteri yang turut direshuffle adalah posisi menteri agama.

Setelah sebelumnnya dijabat oleh Fachrul Razi, Jokowi menunjuk Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama yang baru.

“Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas. Beliau adalah tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” ucap Jokowi saat mengumumkan reshuffle kabinet di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, lahir di Rembang, 4 Januari 1975 (45 tahun) adalah salah seorang putra dari K.H Muhammad Cholil Bisri yang merupakan salah satu pendiri Partai Keadilan Bangsa (PKB). Gus Yaqut merupakan adik dari Yahya Cholil Staquf, Tokoh NU yang sempat santer di kalangan media disebut sebagai Menteri Agama yang akan menggantikan Fachrul Razi.

Latar Belakang Pendidikan Gus Yaqut seluruhnya ditempuh di sekolah umum. Mulai dari SDN Kutoharjo, lanjut di SMPN II Rembang, kemudian lanjut di SMAN II Rembang dan akhirnya menempuh pendidikan sarjana di Universitas Indonesia Jurusan Sosiologi namun tidak selesai.

Namun demikian, ia mendapat bimbingan keagamaan langsung dari ayahnya, seorang ulama termuka asal Rembang, KH. Cholil Bisri, kakak dari KH. Mustofa Bisri.

Ia memulai karir politiknya di usia 30 tahun, dimana ia terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Rembang dari PKB yang kala itu didirikan oleh Ayahnya bersama dengan KH. Abdurrahman bin Wahid (Gus Dur).

Di tahun yang sama, 2005, Gus Yaqut terpilih sebagai Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010. Kemudian, lima tahun berikutnya, ia terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2015-2019 sebagai Pengganti Antarwaktu (PAW) menggantikan Hanif Dhaciri yang dilantik menjadi Menteri Ketenagakerjaan. Saat itu, ia duduk di Komisi VI meliputi bidang Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Standardisasi Nasional.

Baca Juga  Komitmen Penuhi Panggilan, HRS: Saya Minta Polisi Tak Kerahkan Pasukan Berlebihan, Tolong Umat Jangan Buat Kerumunan, Cukup Doakan dari Rumah

Gus Yaqut kembali menjadi Anggota DPR RI pada periode 2019-2024 di Komisi II meliputi bidang Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan dan Reforma Agraria. Di samping aktifitasnya di dunia politik, Gus Yaqut juga mengabdikan dirinya sebagai Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor 2011-2016. Kemudian, ia pun secara aklamasi diamanahi sebagai Ketua Umum PP GP Ansor 2015-2020 pada Kongres XV di Pondok Pesantren Pandanaran, Yogyakarta.

Sumber : NU, Wikipedia, Tirto, Liputan6
Editor : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *