Nasional

Profil Budi Gunawan Sadikin: Sarjana Fisika Nuklir & Pakar Pengelolaan Keuangan yang Jadi Menteri Kesehatan

Jakarta (durasisultra.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle terhadap Kabinet Indonesia Maju yang dipimpinnya. Nama-nama baru yang dipilih menggantikan sosok menteri yang sebelumnya telah diumumkan pada Selasa (22/12/2020).

Salah satu jabatan menteri yang terkena pergantian adalah Menteri Kesehatan. Terawan Agus Putranto resmi digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan yang baru di sisa jabatan pemerintahan Jokowi.

Meskipun tidak memiliki latar belakang dunia kedokteran atau kesehatan, namun Budi Gunawan dipercaya oleh Presiden untuk menjadi Menteri Kesehatan.

“Dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” kata Jokowi saat memperkenalkan Budi Gunawa sebagai Menteri Kesehatan yang baru, Selasa (22/12/2020).

Pria kelahiran Mei 1964 ini merupakan Alumnus Fisika Nuklir di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1988. Namun demikian, ia justru memilih karir di bidang keuangan. Ia memiliki Sertifikat Chartered Financial Consultant (ChFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada tahun 2004. ChFC adalah sebutan profesional yang telah menyelesaikan kursus komprehensif mengenai pendidikan keuangan. Mereka yang mendapatkan gelar tersebut dipahami memiliki pengetahuan dalam masalah keuangan dan memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat yang baik. Sementara itu CLU adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki speliasasi dalam asuransi jiwa dan perencanaan harta benda.

Ia juga dikenal publik sebagai sosok yang sering kali menduduki posisi strategis di beberapa perusahaan, baik pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan luar negeri. Ia pernah didaulat untuk menjadi Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk. Sebelumnya ia dipercaya menjadi General Manager Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager bidang sumber daya manusia di Bank Bali (sekarang Bank Permata). Kemudian menjabat sebagai Senior Vice-President Director, Consumer and Commercial Banking, ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia hingga 2004. Selanjutnya, dia bergabung dengan EVP, Head of Consumer Banking di Bank Danamon dan Direktue Adira Quantum Multi Finance hingga 2006. Untuk karir di luar negeri, Budi sempat menjadi Staf Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang, pada 1988–1994.

Baca Juga  Terkait Temuan Drone Laut di Pulau Selayar, Menhan Akhirnya Angkat Suara

Sejak September 2017, ia ditunjuk menjadi Direktur Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Di tangan Budi, Inalum berhasil merebut 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Keberhasilan itu atas kerja keras pemerintah dan tentunya Inalum dalam mencari pendanaan untuk membeli saham Freeport. Pada 2019, Jokowi memilih Budi Gunadi sebagai Wakil Menteri BUMN mendampingi Erick Thohir.

Di Masa Pandemi ini, beliau pun turut berperan aktif sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Reporter : MAIM
Editor : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *