Ekonomi Regional Sosial

Presiden Himbau Masyarakat Bayar Zakat di LAZ Resmi, WIZ Sultra Siapkan Pelayanan Prima

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menghimbau masyarakat muslim untuk mengeluarkan zakat agar dapat bersama-sama mewujudkan kesejahteraan dan keberkahan kepada sesama.

Beliau juga mengingatkan agar penyaluran dana zakat tersebut dapat dilakukan melalui Lembaga Amil Zakat yang Resmi.

“Saya mengimbau seluruh pejabat negara, BUMN, perusahaan swasta, Kepala Daerah di seluruh tanah air untuk menunaikan zakat melalui amil zakat resmi untuk membantu mewujudkan kesejahteraan dan juga memberikan keberkahan kepada kita semuanya,” kata Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden dalam acara Peluncuran Gerakan Cinta Zakat dan Penyerahan Zakat ke Baznas di Istana Negara Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat resmi yang telah mendapatkan rekomendasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tanggal 20 Februari 2019 dan Izin Operasional Kementerian Agama Republik Indonesia tanggal 25 Juni 2019, menyambut baik himbauan presiden dan siap bersinergi dengan pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan dan kegiatan kemanusiaan.

“Sejalan dengan himbauan pemerintah, maka kami mengajak masyarakat se sultra untuk menunaikan kewajiban zakatnya di lembaga zakat yang telah memiliki legalitas resmi dari pemerintah,” ujar Yayat Hidayat, Branch Manager WIZ Sultra.

WIZ Sultra yang telah berdiri sejak 2016 yang lalu, kini telah memiliki 10 Gerai yang tersebar di 10 Ibu Kota/Kabupaten se Sultra.

Yayat mengaku bahwa pihaknya siap melayani penerimaan dan penyaluran dana zakat masyarakat se Sultra.

Secara teknis, WIZ tidak hanya sekedar menerima dana zakat saja, akan tetapi juga memberi layanan konsultasi hingga penjemputan.

“Dalam proses pembayaran zakat, kami melayani dari tahap konsultasi hingga penjemputan dana zakat para muzakki guna memberi kemudahan dan proses sesuai syariat islam yang benar,” terang Hendrawan salah seorang Amil WIZ Sultra.

Baca Juga  Dukung Program Kesejahteraan Masyarakat, Gubernur Sultra Luncurkan Gerakan Cinta Zakat

“Jadi kami tidak langsung terima setiap orang yang datang membayar zakat, terlebih dahulu kami konfirmasi ulang apakah telah sampai kadar nishab dan haul dari harta muzakki. Hal ini bertujuan selain untuk memastikan wajib atau tidaknya seseorang membayar zakat, juga sebagai edukasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Di antara kemudahan lain yang disiapkan oleh WIZ Sultra yaitu Konsultasi dan Pembayaran Zakat via online.

“Kami juga sudah menyediakan tabel perhitungan zakat sebagai edukasi dan informasi lain,” pungkas Hendrawan.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *