Kendari

Pengemis & Anjal Mulai Marak di Kendari, Dinsos: Jangan Biasakan Kasih Uang, Akan Kita Berdayakan

Beberapa ruas jalan di Kota Kendari, utamanya di titik-titik lampu merah, nampak mulai diramaikan oleh para Anak Jalanan dan juga Pengemis.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari meminta kepada masyarakat untuk tidak terbiasa memberi uang kepada mereka.

“Saya imbau masyarakat pengguna jalan, kita minta agar jangan membiasakan untuk memberi uang pada mereka,” ujar Kepala Dinsos Kota Kendari, Indra Muhammad, Selasa (19/1/2021).

Indra juga mengingatkan bahwa tindakan memberikan uang kepada pengemis justru membuat para pengemis itu semakin betah di jalan.

“Berdasarkan UU Nomor 9 Tahun 2014, bahwa jangan lagi memberikan uang kepada mereka pengemis, pengamen, dan anak jalanan. Apabila terus diberikan, sama saja membiarkan mereka tetap di jalan itu,” ungkapnya.

Untuk mengatasi maraknya pengemis anak di Kendari, lanjut Indra, pihaknya akan melakukan pemberdayaan kepada mereka, dengan penanganan secara terpadu.

Dalam waktu dekat, Dinsos akan melakukan tracking (penelusuran) ke beberapa tempat yang menjadi lokasi yang terdapat pengemis anak seperti di area lampu merah, termasuk lokasi-lokasi mesin ATM.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penindakan dengan rehabilitas, namun terkait penindakan lebih lanjut akan diserahkan kepada pihak kepolisian, Satpol PP untuk melakukan pengamanan anak jalanan ini. (MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Perkuat Ekonomi Ummat di Masa Pandemi, YBM PLN Kendari Gandeng LAZNas IZI Sultra Salurkan Bantuan ke Pelaku UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *