Berita Kendari Pelayanan Publik

Pemkot Kendari Akan Tiadakan TPS, Sampah Warga Dijemput Langsung di Rumah

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Masyarakat Kota Kendari nantinya tak lagi repot keluar rumah untuk membuang sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) setempat.

Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan mengambil kebijakan untuk meniadakan TPS pada tahun 2021 ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir bulan februari yang lalu.

“Sampah ini memang bukan persoalan yang sederhana, sehingga saya lebih optimis tentang rencana kita kedepannya, saya baru menggumumkan hal ini pertama kali, ini ada saksi, saya ada program di tahun 2021 ini, Program Kendari Tanpa TPS,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati, menjelaskan bahwa pihaknya akan menyiapkan layanan jemput sampah hingga ke rumah warga.

“Nanti sampah dijemput di rumah,” ujarnya.

“Kita sudah sampaikan ke seluruh camat dan lurah bahwa nanti masyarakat itu tidak usah lagi membuang di TPS, sebab bulan Desember 2021 nanti TPS itu ditiadakan, nanti petugas menjemput sampah di rumah,” terangnya.

Nismawati melanjutkan, pihaknya telah meminta di setiap kelurahan membentuk komunitas peduli lingkungan yang akan menjalankan program jemput sampah di rumah warga.

“Nah, komunitas peduli lingkungan inilah yang akan nantinya mengambil dari rumah ke rumah. Nanti tinggal disepakati antara DLHK dengan lurah dan camat, mau di jam berapa diambil sampahnya. Nanti petugas kebersihan tinggal mengambil sampah yang sudah dijemput dari rumah warga,” jelasnya.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  4 Profesor dan 3 Doktor Lulus Seleksi Berkas Pilrek UHO 2021-2025

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *