Berita Kendari Kesehatan

Pejelasan Dokter Wayonk Soal Kapolres Butur yang Positif Covid-19 Pasca Divaksin

Pasca disuntik vaksin Sinovac minggu lalu, Kapolres Buton Utara (Butur), AKBP Wasis Santoso, terkonfirmasi positif COVID-19, pada Kamis (11/2/2021).

Tak hanya dirinya, istri dan anaknya juga ikut terpapar virus yang berasal dari China itu.
“Rapid antigen positif, saya lanjut swab PCR, dan hasilnya keluar pada 11 Februari 2021, positif juga,” ungkap Wasis.

Menanggapi hal tersebut, Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Sultra, dr Rabiul Awal, menjelaskan bahwa menurut kajian para pakar dari hasil uji klinis, antibodi komplit terbentuk pada penerima vaksin Sinovac paling cepat 2 minggu setelah injeksi dosis kedua.

“Vaksinasi lengkap bila telah diberikan dalam 2 dosis dengan interval 14 hari, tapi khusus untuk orang diatas 60 tahun intervalnya 28 hari,” katanya, Sabtu (13/2/2021).

Jubir yang akrab disapa Dokter Wayonk itu mengatakan, injeksi dosis pertama belum mampu memberikan kekebalan sama sekali, yang bisa dicapai adalah terbentuknya sel memori dalam sistem antibodi.

Pada kelompok yang divaksin andai terinfeksi, gejalanya lebih ringan atau relatif tanpa gejala dibanding kelompok kontrol yang lebih membutuhkan perawatan RS dalam uji klinis.

“Setelah injeksi dosis kedua diharapkan terbentuk antibodi utuh yang bisa dicapai paling cepat 2 minggu kemudian,” pungkasnya.

Lebih lanjut dr Wayonk menerangkan bahwa dalam uji klinis ditemukan, sebelum divaksin, antibodi COVID-19 yang tidak atau belum terbentuk disebut sero negatif.
Namun setelah divaksin terbentuk antibodi disebut sero positif.

“Perubahan ini disebut sero konversi,” jelasnya.

Dalam uji klinis ditemukan sero konversi maksimal terjadi pada dua minggu setelah injeksi dosis kedua dengan imunogenisitas 99.7 persen.

“Pada tiga bulan masih 99.3 persen. Kita belum sampai 6 bulan evaluasi karena belum sampai waktunya. Tapi bila berdasar uji klinis 1 dan 2 di China, pada 6 bulan evaluasi, imunogenisitas masih diatas 80 persen,” pungkasnya.

Baca Juga  Jumlah Investor di Sultra Naik 102,30%, Kepala OJK Sultra: Melek Informasi Pasar Modal atau Sekedar Ikut-ikutan?

Sumber: Sultranesia

Editor: MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *