Kendari Lingkungan Hidup

Pasar Ilegal Mulai Marak di Kendari, Andi Sulolipu: Pemkot Harus Segera Tertibkan

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Maraknya pasar ilegal di Kota Kendari tengah menjadi perhatian bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari.

Mereka menilai, pasar-pasar yang tidak memiliki izin tersebut telah meresahkan sebagian besar masyarakat karena mengganggu arus lalu lintas. Di sini lain, tidak ada kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pemerintah Kota pun diharapkan dapat mengambil tindakan untuk menertibkan dan menata pasar-pasar tersebut.

“Harusnya pemerintah kota menertibkan dan menata pasar-pasar ilegal di Kota Kendari berdasarkan aturan agar bisa berkontribusi untuk pembangunan daerah melalui PAD,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Andi Sulolipu, kepada awak media di Kantor DPRD Kota Kendari, Rabu (17/2/2021).

Menurut Andi, keberadaan pasar-pasar ilegal berpotensi membuka pintu luang bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pungutan liar (Pungli).

“Kalau tidak bisa ditertibkan, ini akan menimbulkan pungli dari oknum-oknum yang memanfaatkannya,” ungkapnya.

Namun demikian, Andi berharap, dalam proses penertiban tersebut, pemerintah kota harus mengedepankan langkah persuasif dan mempersiapkan alternatif sesuai peraturan yang berlaku. Pasalnya, kondisi ekonomi di tengah pandemi Covid-19 saat ķini membuat warga kesulitan mendapatkan penghasilan.

“Kita perlu dudukan sama-sama antara legislatif dan eksekutif agar penertibannya nanti tidak mencederai usaha masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Salah satu solusi memindahkan para pedagang di Pasar Wua wua agar bisa dimanfaatkan,” jelasnya

.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Wagub Sultra: Kerukunan Umat Beragama Merupakan Nilai Luhur, Harus Terus Dikembangkan

One thought on “Pasar Ilegal Mulai Marak di Kendari, Andi Sulolipu: Pemkot Harus Segera Tertibkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *