Nasional

MenPANRB, Mendikbud dan Kepala BKN Sepakat Tidak Buka Formasi Guru Pada CPNS 2021

Jakarta (durasisultra.id) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengkaji untuk tidak lagi membuka formasi guru pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan tahun-tahun selanjutnya. Nantinya formasi ini akan dialihkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Apakah ada penerimaan guru CPNS? Sementara ini bapak Menpan, Mendikbud dan kami sepakat bahwa untuk guru itu akan beralih menjadi PPPK. Jadi bukan CPNS lagi,” kata Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam Konferensi Pers Catatan Akhir Tahun 2020 secara virtual, Selasa (29/12/2020).

“Ke depan mungkin kami tidak akan menerima guru dengan status CPNS, tetapi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, skema pengalihan guru CPNS jadi PPPK ini ditetapkan karena alasan tenaga pendidik yang kerap minta pemindahan tugas dari satu daerah ke daerah lain. “Karena kalau CPNS setelah mereka bertugas 4-5 tahun biasanya mereka ingin pindah lokasi. Dan itu menghancurkan sistem distribusi guru secara nasional,” jelasnya.

“Sudah 20 tahun kami berusaha menyelesaikan itu tapi tidak selesai dengan sistem PNS. Jadi ke depan ini sistemnya akan dirubah jadi PPPK,” ujar Bima. (MRBK/MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Bela Hendropriyono, Abu Janda Sindir Pigai: "Sudah Selesai Evolusi Belom Kau?"

One thought on “MenPANRB, Mendikbud dan Kepala BKN Sepakat Tidak Buka Formasi Guru Pada CPNS 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *