Buton Muna

Masuk Proyek KPBU, Pembangunan Jembatan Muna – Buton Akan Dimulai Tahun Ini

Pembangunan Jembatan Muna – Buton direncanakan akan mulai dibangun pada tahun ini.

Jembatan sepanjang 630,75 Km itu diharapkan dapat mengoneksikan Tujuh Wilayah di Kepulauan Sulawesi Tenggara, yakni Bau Bau, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Muna dan Muna Barat.

Untuk mekanisme pendanaan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menawarkan Model Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (PKBU). Bersama dengan 25 Proyek Infrastruktur Pemeritah Pusat, Jembatan Muna – Buton termasuk proyek yang akan didanai melalui mekanisme KPBU dengan nilai investasi sebesar Rp. 2,80 Triliun.

Skema KPBU dipilih Sebab berdasarkan proyeksi kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 – 2024, diperkirakan hanya mampu memenuhi 30% atau sekitar Rp 623 triliun dari total kebutuhan anggaran untuk penyediaan infrastruktur sebesar Rp 2.058 triliun untuk mendanai 25 proyek tersebut.

KPBU sendiri termasuk aktivitas yang sering terjadi di Indonesia. KPBU sering menjadi solusi ketika ada selisih pendanaan atau funding gap yang terjadi karena keterbatasan biaya untuk pembangunan infrastruktur. Untuk menghindari funding gap, dibentuklah skema KPBU atau yang bisa juga disebut PPP yang merupakan singkatan dari Public Private Partnership.

Public Private Partnership merupakan bentuk perjanjian antara sektor Public atau Pemerintah dengan sektor Private atau swasta untuk mengadakan sarana layanan publik yang diikat dengan perjanjian dan terbagi menjadi beberapa bentuk tergantung kontrak dan pembagian resiko. Sebagian atau seluruh kerjasama menggunakan sumber daya badan usaha dengan memperhatikan resiko dari berbagai pihak serta mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan oleh BUMD/BUMN/Lembaga daerah/Kepala daerah/Menteri sebelumnya.

Reporter : MAIM

Sumber : PU, Kompas, Bappenas

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Terpilih Secara Aklamasi, Dokter Diharap Kembalikan Kejayaan PAN di Muna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *