Bau Bau

Lembaga Adat Kesultanan Buton Beri Gelar “La Ode” Kepada Pangdam XIV/Hasanuddin

BAU BAU, DURASISULTRA.ID – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E., M.M dianugerahi gelar “La Ode” dengan julukan “Lakina Umanena Lipu” oleh Lembaga Adat Kesultanan Buton. Prosesi pemberian gelar Kebangsawanan Buton ini diselenggarakan secara terbuka di Baruga Keraton, Baubau, Kamis (24/12/2020).


“Bapak Pangdam kini memiliki panggilan La Ode Sumangerukka. La Ode Lakina Umanena Lipu sendiri bermakna Seorang Lelaki Pemberani, menguasai wilayah dan petinggi atau pejabatan negeri,” ujar Kepala Penerangan Korem 143/Halu Oleo, Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari (24/12/2020).

Pemberian gelar Kebangsawanan suku Buton ini ditandai dengan pemasangan pakaian kebesaran Bangsawan Buton yang dilakukan oleh para Bonto (saat ini hampir sama dengan Anggota Legislatif-Red) dan disaksikan langsung oleh Sultan Buton ke-40 La Ode Muhammad Izat Manarfa, Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH., Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd.

Turut hadir dalam prosesi pemberian gelar Kebangsawanan suku Boton tersebut, Danrem 143/Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah Kota Baubau, beserta seluruh perangkat adat kesultanan Buton.

Wali Kota Baubau, Dr. H. AS Tamrin, MH melalui sambutannya mengatakan, pemberian gelar “La Ode” kepada seseorang yang telah dipilih adalah merupakan kewenangan dan otoritas Lembaga Adat Kesultanan Buton. Menurutnya, pemberian gelar La Ode kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka tersebut merupakan hal yang wajar, mengingat ia pernah bertugas di Sulawesi Tenggara.

“Kewenangan pemberian gelar La Ode ini adalah otoritas dan kompetensi lembaga adat. Pemerintah Kota Baubau hanya memfasilitasi saja. Jadi segala sesuatunya sudah didudukkan pada proporsi dan menurut pemahaman kita di Buton,” ujarnya.

Baca Juga  Kisah Bocah Penyelam Koin

Orang nomor satu di Kota Baubau ini juga mengucapkan terima kasih kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka (La Ode Sumangerukka) beserta jajarannya yang telah berkenan meluangkan waktu untuk berkunjung di Baubau. Ia berharap dengan kunjungan tersebut akan menjadi spirit baru bagi aparat keamanan dan berimbas pada semakin kondusifnya Kota Baubau ke depan.

“Kita berharap dengan kedatangan beliau dapat menjadi spirit baru bagi aparat keamanan yang berimbas pada semakin kondusifnya Kota Baubau ke depan. Karena tentu saja kehadiran bapak sebagai pemegang tongkat pemelihara kedamaian dan keamanan bersama-sama dengan Polri adalah panutan masyarakat”, imbuhnya

Selain itu, atas nama Pemerintah Kota Baubau H. AS Tamrin juga mengucapkan terima kasih kepada lembaga adat kesultanan Buton yang telah melaksanakan tugas dengan baik. “Diharapkan, prosesi acara ritual penganugerahan ini mendapat Ridhoa dan berkah dari Allah Subhanahu Wataala untuk perjalanan Buton ke depan”, tuturnya.

Sementara itu, Pangdam XIV/Hasanuddin La Ode Sumangerukka mengatakan, pemberian gelar oleh lembaga adat Kesultanan Buton tersebut menjadikan dirinya sebagai bagian dari masyarakat Buton, sehingga akan tetap menjaga silaturahmi dan amanah yang diberikan dengan baik. Ia juga komitmen untuk tetap memegang teguh amanat tersebut.

“Saya ingin suatu saat nanti kita selalu tetap memberikan kontribusi yang terbaik kepada masyarakat Buton khususnya. Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemkot Baubau dan lembaga adat kesultanan Buton yang memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari masyarakat Baubau dengan diberi gelar “Lakina Umanena Lipu” ini”, ujarnya.

Editor : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *