Konawe Pendidikan

Lantik Pengurus MKKS SMP Konawe, KSK: Kepala Sekolah Bertanggung Jawab Wujudkan Insan Siswa yang Cerdas, Beriman dan Kompetitif

DURASISULTRA.ID, KONAWE – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengungkapkan bahwa Kepala Sekolah harus bertanggung jawab dalam mewujudkan insan yang cerdas, beriman dan kompetitif.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Acara Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP / Negeri / Swasta / Satap Kabupaten Konawe, Selasa (16/2/2021), di salah satu hotel di Unaaha.

Kery, sapaan akrabnya, melanjutkan bahwa mewujudkan hal tersebut, kepala sekolah harus mempunyai lima jenis kompetensi yaitu Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, Kepribadian, dan Sosial.

“Kelima kompetensi tersebut akan melahirkan tindakan cerdas dan bertanggung jawab dari Kasek yang bersangkutan,” jelasnya.

Selain itu, Kery juga berharap agar Kasek bisa bekerjasama dengan para guru di sekolahnya sebagai tim kerja, dengan menekankan enam poin yang harus diperhatikan, di antaranya membuat program sekolah, pengorganisasian sekolah, pengoperasian sekolah, menjalin komunikasi sekolah, menata kepegawaian sekolah, dan mengatur pembiayaan sekolah.

“Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya bukan sebatas pada membuat program, tetapi harus mampu menyusun organisasi sekolah dan kegiatan lainnya sehingga sekolah yang dipimpinnya benar-benar maju dan bersaing dengan sekolah lain di Indonesia sesuai tujuan pendididkan,” ucapnya.

 “Masalah pembiyaan ini harus memang dipikirkan sejak perencanaan sampai dengan pelaksanaannya, misalnya berapa biaya keperluan, dari mana dan bagaimana diperoleh, penggunaanya, dan pertanggungjawabannya seperti apa,” imbuhnya.

Mantan Ketua DPRD Konawe dua periode itu juga berharap, kepala sekolah juga harus mampu menata lingkungan sekolah, baik lingkungan psikologi siswa yang ditunjukkan dengan harmonisasi siswa dan guru serta kepala sekolah, juga menjaga lingkungan fisik dalam hal ini keindahan lingkungan sekolah maupun ruang tempat belajar dan kantor.

Baca Juga  BAZNAS, WIZ dan LAZ Se Sultra Salurkan Ratusan Paket Sembako

Bupati berharap melalui pelantikan dan musyawah ini para kepala sekolah di wilayahnya semakin meningkatkan kinerjanya sehingga bisa melahirkan bibit-bibit generasi peserta didik anak bangsa di Konawe yang berkualitas dan berdaya saing.

(MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Lantik Pengurus MKKS SMP Konawe, KSK: Kepala Sekolah Bertanggung Jawab Wujudkan Insan Siswa yang Cerdas, Beriman dan Kompetitif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *