Bau Bau Buton

Kunker ke Bau Bau dan Buton, Ali Mazi Tunjukkan Keseriusan Pemerataan Pembangunan Sultra Daratan & Lautan

DURASISULTRA.ID, KEPTON – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pejabat Non Pemerintah Lingkup Provinsi Sultra melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) selama 3 hari di wilayah kepulauan Prov. Sultra, yakni Kota Bau Bau dan Kabupaten Buton.

Kedatangan Gubernur beserta rombongan di Kota Bau bau, disambut hangat oleh Wali Kota Bau Bau, AS Thamrin, beserta jajaran Pejabatan Pemerintah Daerah Kota Bau bau yang dikemas dalam sajian makan malam dan ramah tamah di Rumah Jabatan Wali Kota, Jumat (29/01/2021).

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Gubernur menceritakan Konsep Pembangunan Berkelanjutan dengan Tagline Stellshell Masyarakat Sejahtera (SMS). Konsep tersebut dibuat dalam buku agenda dengan beberapa program mercusuar 2003 – 2023. Program tersebut dikatakannya kemudian dapat terwujud selama kurun waktu 10 tahun.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ridwan Badallah mengungkapkan, di antara program yang dimaksud oleh Gubernur yang akan diwujudkan di wilayah kepulauan Sultra adalah Pembangunan Jembatan Buton – Muna (Tona), Perluasan Runway Bandara Betoambari, Pembangunan Patung Sultan Himayatuddin / Oputa Yii Ko yang telah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional, dan Pemanfaatan Aspal Buton Secara Nasional, dimana 400 Km di antaranya digunakan di Sultra.

“Saya berharap agar masyarakat Sultra saling mendukung, bahu membahu, dan kerja sama dalam membangun Sultra karena Sulawesi Tenggara milik kita bersama,” ujar Gubernur.

Selain program tersebut, Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat yang terkait langsung denga potensi kepariwisataan, perikanan serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah sektor kalautan juga akan diwujudkan. Melihat Potensi Sumber Daya Perikanan yang Cukup Strategis, Gubernur dan Bupati Buton, La Bakry, juga merencanakan pembangunan Politeknik Ilmu Perikanan.

Baca Juga  Geliatkan Investasi Penambangan Aspal di Buton, Kepala BKPM Serahkan Tax Holiday ke PT. Kartika Prima Abadi

Langkah Visioner Ali Mazi tersebut telah diawali dengan pencapaiannya yang telah memoles wilayah daratan Sultra dengan tiga mega proyek di tahun ketiga kepemimpinannya. 3 karya besar Ali Mazi tersebut adalah Pembangunan Gedung Perpustakaan Bertaraf Internasional yang telah selesai bangunan fisiknya di Tahun 2020, Pembangunan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah yang ditargetkan akan rampung di tahun 2021 ini, dan Pembuatan Jalan Wisata dari Kota Kendari menuju Pantai Toronipa yang telah memasuki Tahap II pengerjaan. Semua kegiatan tersebut tertuang dalam Pogram Garbarata (Gerakan Pembangunan Terpadu Wilayah Daratan dan Lautan / Kepulauan).

Kunker Gubernur beserta rombongan masih berlangsung hingga hari ini, Senin (01/02/2021), dengan agenda bersama dengan Kementerian Kemaritiman dan Investasi (Marves) untuk meninjau langsung Tambang Aspal Buton yang dikelola oleh PT. Wijaya Karya Bitumen dan PT. Kartika Prima Abadi. Setelah itu meninjau Pelabuhan Nambo dan Pelabuhan Banabungi.

Gubernur beserta rombongan dijadwalkan akan kembali ke Kendari pada Selasa besok (02/02/2020).

(MAIM/ADV)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *