Bisnis Ekonomi Gaya Hidup Kendari

Jumlah Investor di Sultra Naik 102,30%, Kepala OJK Sultra: Melek Informasi Pasar Modal atau Sekedar Ikut-ikutan?

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat jumlah investor pasar modal sepanjang tahun 2020 di Wilayah Sultra mencapai 17.524 investor, naik lebih dari 100 % dibanding tahun 2019.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra), Mohammad Fredly Nasution. Dia menyebut pada Desember 2020, jumlah investor di Sultra mencapai 17.524, yang terdiri dari 6.656 investor saham, 10.177 investor reksadana, dan 671 investor Surat Berharga Negara.

“Jumlah tersebut meningkat sebesar 8.861 investor atau 102,30% bila dibandingkan dengan jumlah investor pasar modal posisi Desember 2019 (yoy / year on year), yakni sekitar 8.663,” ungkap Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution dalam acara Bincang Jasa Keuangan (BIJAK) bersama awak media, Jumat (5/2/2021).

Dari jumlah investor tersebut, lanjut Fredly, total transaksi saham per Desember 2020 sebesar Rp 203,39 miliar. Saham ini meningkat dibanding pada tahun sebelumnya per Desember 2019 tercatat Rp40,19 miliar.

Namun demikian, pihaknya senantiasa mewaspadai fenomena peningkatan jumlah investor ini.

“Apakah murni karena masyarakat sudah mulai melek informasi di pasar modal, atau hanya sekadar ikut-ikutan,” tuturnya.

Fredly mengingatkan, sebelum berinvestasi di pasar modal, calon investor perlu memastikan dana yang digunakan merupakan dana menganggur atau bukan berasal dari pinjaman. Kemudian, investor harus paham mengenai produk investasi dan risiko yang melekat serta menggunakan perusahaan yang telah berizin dari OJK.

“Dengan tips berinvestasi di pasar modal tersebut diharapkan calon investor tidak hanya bisa mengejar keuntungan, tetapi juga belajar mempersiapkan masa depan karena orientasi investasi pasar modal merupakan orientasi jangka panjang,” ujar Fredly.

Laporan : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Buka Rakerda 2021 MUI Sultra, Gubernur Harapkan Peran MUI Sukseskan Program Beriman dan Berbudaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *