Event Regional

Gubernur se Sulawesi Berkumpul di Kota Kendari Bahas Perencanaan Pembangunan Sulawesi

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Gubernur se-Sulawesi berkumpul di Kota Kendari, Senin (19/4/2021). Kehadiran kepala daerah tingkat provinsi itu untuk mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Regional Sulawesi, serta Perencanaan Pembangunan Daerah dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2022, dimana Provinsi Sultra menjadi tuan rumahnya.

Kegiatan Musrembang Regional se-Sulawesi ini dengan mengusung tema “Menuju Pemulihan Ekonomi Sulawesi 2022”.

Musrembangreg Sulawesi Tahun 2021 ini dihadiri Gubernur Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, yang tahun ini bertindak sebagai tuan rumah; Plt. Gubernur Prov. Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman; Gubernur Prov. Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola; Gubernur Prov Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar; Kepala Bappeda Ir. Jenny Karow mewakili Gubernur Prov. Sulawesi Utara (Sulut); dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Gorontalo mewakili Gubernur Prov. Gorontalo.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri diwakili secara virtual oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Suhajar Diantoro, dan Plh. Dirjen Bina Bangda Sri Purwaningsih; Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (PPN-RI)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) diwakili oleh Mohammad Roudo; dan Sekjen BKPRS Prof. Dr. Aminuddin Ilmar.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, berharap agar seluruh gubernur se-Sulawesi, bisa bekerjasama dan bersinergi dalam pembangunan di pulau Sulawesi.

Orang nomor satu di Bumi Anoa ini mengatakan, Pemprov se-Sulawesi dapat bersinergis dan bekerjasama sehingga harapan yang diinginkan dapat dicapai bersama-sama.

“Semua itu juga demi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di pulau Sulawesi,” tutur Ali Mazi.

“Signifikansi jumlah program prioritas yang ditawarkan enam Pemprov se-Sulawesi dan diterima pemerintah pusat, akan mempercepat pemulihan ekonomi regional Sulawesi,” lanjutnya.

Sejumlah Isu Strategis Pembangunan Regional Sulawesi Tahun 2022 yang mendesak untuk dibahas itu antara lain: Pengembangan dan penguatan konektifitas antar moda (darat, laut, udara) yang terintegrasi; Peningkatan produktifitas sektor tanaman pangan; Penanggulangan bencana dan adaptasi perubahan iklim dengan peningkatan ketahanan kawasan rawan bencana, serta pemulihan pasca bencana yang berbasis kearifan lokal dan peningkatan investasi mitigasi dan pengurangan resiko bencana; Peningkatan kualitas lingkungan hidup dengan penanggulangan pencemaran serta kerusakan lingkungan hidup dengan penguatan kelembagaan dan penegakan hukum bidang lingkungan hidup; dan Pemulihan Ekonomi Sulawesi pasca pandemi Covid-19; serta Revisi Tata Ruang Pulau Sulawesi. (MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Jaga Spirit Ramadhan, Ustaz Abdul Somad & Ustaz Zaitun Rasmin Akan Duet di Ummat TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *