Berita Ekonomi food Kolaka Utara

Genjot Ekonomi Masyarakat Melalui Produksi Jagung, Bupati Kolut: Panen 1 Ha Setahun Bisa Dapat 96 Juta

DURASISULTRA.ID, KOLAKA UTARA – Pemerintah Daerah Kolaka Utara (Pemda Kolut) terus memaksimalkan upaya untuk menggenjot perekonomian masyarakatnya. Salah satu upaya serius yang dilakukan adalah melalui sektor perkebunan dan pertanian. Selain Kakao yang selama ini menjadi komoditi andalan, jagung yang merupakan komoditi tanaman sela atau jangka pendek juga dimaksimalkan karena terbukti mampu memberikan nilai tambah untuk masyarakat.

Rabu kemarin (10/2/2021), Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar melakukan panen raya jagung di Desa Mataiwoi, Kecamatan Ngapa. Pada kesempatan tersebut Bupati mengutarakan bahwa sejak tahun 2019 hingga tahun 2020 mendatang, ada 18 Desa dan 11 Kecamatan di Kolaka Utara yang mendapatkan Program Readsi dari Kementerian Pertanian dengan anggaran kurang lebih 20 Milyar Rupiah.

“Kegiatan ini adalah panen perdana jagung dari Program Readsi, dan ini adalah program nasional yang sumber anggarannya adalah APBN, program ini menyasar Kakao, Jagung, pekarangan dan cengkeh,” ungkapnya.

Dijelaskan bahwa di desa Mataiwoi saat ini ada 50 hektar perkebunan kakao dengan target hasil panen perhektarnya yakni 6,5 Ton dengan harga Rp.3.700 per kilogramnya.

“Untuk di Kolaka Utara program readsi untuk jagung 150 Ha, Kakao 1125 Ha, Pekarangan 44 Ha dan yang masuk dalam program readsi sebanyak 2.227 orang,” imbuhnya.

Bupati pun mengungkapkan bahwa harga pasar jagung saat ini cukup bagus sehingga dalam satu hektar masyarakat mampu menghasilkan Rp. 96.000.000 setiap tahunnya.

“Dengan program readsi ini kita harapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Kolaka Utara,” harapnya. (LH/MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  lunch is needed for proper diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *