Kendari

Gelar Musda VI, MUI Sultra Akan Perjuangkan Terwujudnya Sultra Adil, Makmur, Aman dan Sejahtera

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) VI di Rumah Jabatan Gubernur.

Ketua Panitia Musda, Zainal Mustamin, dalam laporannya menyampaikan bahwa musda yang mengangkat tema “Meningkatkan Peran MUI dalam Memasyarakatkan Islam Wasathiyah dan Toleran” ini akan berlangsung selama tiga hari yang diikuti perwakilan pimpinan MUI se-Sultra secara terbatas. Agenda utama musda adalah memilih pengurus baru periode 2021-2026.

“Di sela-sela musda ini, kita juga akan mendialogkan isu-isu strategis seputar Islam Wasathiyah dan toleran melalui pembangunan berbasis spiritual di Sultra, bersama  narasumber pilihan, yakni Kapolda, Kabinda, Ketua DPRD, Kakanwil Kemenag, Ketua Pimpinan Wilayah NU, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, dan Walikota Kendari,” jelas Zainal.

Ketua MUI Sultra Periode 2016-2021, KH. Mursidin, dalam sambutannya mengungkapkan, sebagai forum tertinggi di lingkungan MUI, musda mempunyai arti penting tidak hanya untuk melakukan konsolidasi organisasi MUI tingkat kabupaten/kota tetapi juga melakukan penyegaran pengurus MUI Sultra dengan semangat baru.

Terkait dengan tema musda yang diusung kali ini, Ketua MUI Sultra berpandangan bahwa pengarusutamaan Islam Wasathiyah di Sultra, yang merupakan misi utama dakwah MUI, masih tetap relevan untuk terus disampaikan kepada umat Islam agar dapat dipahami dan diyakini.

“Islam Wasathiyah adalah Islam dengan pemikiran yang berada di tengah-tengah,” jelas KH. Mursidin.

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof. Abdullah Alhadza mengungkapkan, dalam kurun waktu lima tahun mendatang, ada empat hal yang akan diperjuangkan MUI.

Pertama, Sultra yang adil, dimana keadilannya bisa dinikmati oleh segenap elemen masyarakat dan oleh setiap strata sosial.

Kedua, Sultra yang makmur, dimana rakyatnya yang asketis (hidup sederhana) dan relijius, bukan yang hidup glamour dan hedonis.

Baca Juga  Tutup Musda VI MUI Sultra, Wagub: Kerja-kerja Pemerintah Tanpa Peran Ulama Akan Mengakibatkan Guncangan

Ketiga, Sultra yang aman, dimana rakyatnya tulus berpartisipasi mengawal kedamaian daerah dan keutuhan NKRI.

Keempat, sultra yang sejahtera, dimana masyarakatnya senantiasa mengekspresikan kerinduan spiritual .

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi. Sejumlah pejabat juga tampak hadir dalam pembukaan musda tersebut, di antaranya Ketua DPRD Sultra, Kapolda Sultra, Kepala BIN Daerah, dan Sekretaris Daerah. Bupati Buton dan Muna Barat juga turut terlihat dalam acara yang juga digelar secara virtual ini.

Laporan : Diskominfo Sultra
Editor : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *