Kendari technology

Diskominfo Sultra Gelar Bimtek Statistik Sektoral: Wujudkan Satu Data Indonesia

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Statistik Sektoral lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra. Kegiatan ini digelar selama dua hari, Senin-Selasa (18-19 Januari 2021) di Hotel Fortune Front One, Kendari.

Kepala Diskominfo Sultra, Ridwan Badallah, mengungkapkan peserta kegiatan bimtek ini terdiri dari staf dan pejabat di lingkup diskominfo dan OPD lain di jajaran Pemprov Sultra, dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.

“Bimtek ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman dan keterampilan dasar mengenai pengelolaan data dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia. Kita bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kegiatan ini,” jelas Kadiskominfo saat membuka acara.

Sejumlah tenaga fungsional dari BPS didaulat menjadi pemateri, yang diawali dengan pemahaman dasar tentang data. Kadiskominfo sendiri memberikan pengantar twntang arah dan kebijakan pengelolaan data di Sultra.

Dalam sesi diskusi, tampak Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra hadir dan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pengelolaan data di instansinya. BKD Sultra sangat berkepentingan dalam pengelolaan data mengingat OPD ini mengelola sumber daya aparatur yang menggunakan sejumlah aplikasi.

Ke depannya, Diskominfo Sultra akan membangun sebuah “rumah” data yang ankan digunakan seluruh OPD untuk menginput dan terus memperbaharui data sektoral mereka. BPS sultra akan menjadi “mentor” untuk memberi pendampingan dalam penyusunan dan penginputan data ini.

Editor: MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Walikota Kendari Ingatkan Pentingnya Izin Orang Tua Dalam Pembelajaran Tatap Muka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *