Berita Event Regional

Dirjen Otda Launching Aplikasi e-Perda di Puncak Peringatan HUT 57 Prov. Sultra

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik, melaunching aplikasi e-Perda pada acara puncak peringatan HUT ke 57 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Hotel Claro Kendari, Selasa (27/4/2021). Bagi Pemerintah Provinsi Sultra, launching ini merupakan kado istimewa di hari istimewa.

Aplikasi e-Perda diluncurkan oleh Kemendagri pada 13 Januari 2021 lalu. Selanjutnya, Provinsi Banten dan Jawa Barat ditetapkan sebagai proyek percontohan reformasi regulasi. Banten meluncurkan e-Perda pada 30 Maret 2021 dan Jawa Barat meluncurkannya pada 16 April 2021. Di luar provinsi percontohan ini, Sultra menjadi provinsi pertama di Indonesia, dimana e-Perda diluncurkan.

Akmal Malik menyebut, e-Perda merupakan layanan berbasis digital yang digunakan oleh pemerintah agar proses penyusunan Perda antara pusat dan daerah bisa berjalan lebih efisien.

Ada berbagai alasan yang diutarakan sehingga muncul ide untuk membuat aplikasi e-Perda tersebut.

“Salah satunya banyaknya regulasi yang ada dilakukan oleh pemerintah daerah dalam hal ini gubernur, selalu tumpang tindih dengan regulasi yang dibuat oleh DPRD,” kesalnya saat membawakan sambutan.

Akmal bilang, kedua pihak pembuat regulasi yakni gubernur, wakil gubernur, dan jajarannya bersama DPRD seharusnya saling sinergitas demi kemajuan daerahnya.

“Tetapi yang kami temukan dilapangan banyak yang bertolak belakang, tapi itu bukan di Sultra,” ujarnya.

Olehnya itu, dia berharap, hadirnya aplikasi e-Perda di Sultra ini dapat mempermudah proses pembentukan perundang-undangan yang ada.

Dan semua regulasi yang akan dibangun bisa dibuat lebih efektif, efisien dan terintegrasi dengan pemerintah pusat. Tetapi semua itu bisa terlaksana jika komunikasi keduanya selalu terjaga.

“Kita harus membuat komunikasi yang baik. Ribuan regulasi yang ada tidak akan mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Tapi satu komunikasi yang efektif pasti akan bisa,” pungkasnya.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  ARF Sarankan Kadin Sultra Ciptakan Inovasi Canggih Stimulus Ekonomi Sultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *