Event Kendari

Buka Rakerda 2021 MUI Sultra, Gubernur Harapkan Peran MUI Sukseskan Program Beriman dan Berbudaya

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi membuka kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2021 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sultra di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Sabtu (24/03/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur berharap program kerja yang akan ditetapkan dalam Rakerda tersebut dapat bersinergi dengan Pemprov, khususnya Program Prioritas Sultra, yakni Beriman dan Berbudaya.

“Sejatinya, melalui program tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutur Gubernur.

Ali Mazi mengungkapkan, pelaksanaan Rekerda merupakan bentuk nyata dari berjalannya organisasi dengan baik, aktif dan dinamis. Hal itu, kata dia, jangan dimaknai sebagai formalitas menjalankan rutinitas.

“Forum Rakerda sejatinya dimaksudkan sebagai forum silaturrahim baik internal pengurus MUI maupun dengan unsur-unsur eksternal, termasuk pemerintah daerah,” tutur Gubernur Ali Mazi melalui rilis Diskominfo Sultra.

Ali Mazi juga mengungkapkan, MUI sebagai lembaga agama, tidak hanya mengurusi masalah ibadah tetapi juga sangat berperan aktif dalam berkecimpung di bidang ekonomi umat.

“Tema yang diangkat pada Rekerda kali ini yakni ‘Peran Strategis MUI Sultra dalam Penguatan Sosial-Ekonomi Masyarakat’ sangat relevan dengan peran MUI Sultra,” terang Gubernur Ali Mazi.

Sebagai benteng agama, tambah Gubernur Ali Mazi, MUI dituntut mampu membangun kehidupan beragama yang damai dan harmonis, tidak hanya internal umat Islam, tetapi juga hubungan antar umat beragama, tanpa mencederai nilai-nilai aqidah ajaran Islam itu sendiri.

“Sebagai pengayom umat, MUI menjadi tempat berhimpunnya para ulama, yang diharapkan menjadi bagian penting dan utama dalam pembinaan umat Islam. Senantiasa memberikan pencerahan dan pemahaman nilai-nilai ajaran agama Islam Wasathiyah, yakni Islam yang moderat, adil dan toleran, serta menjaga keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Baca Juga  Gubernur Sultra Dapat Penghargaan The Best Governor 2021

Gubernur juga menyampaikan rasa bangganya atas kinerja MUI yg telah dinilai sebagai Pelaksana Musyawarah Daerah (Musda) terbaik di Indonesia yang digelar pada 22 Januari 2021 silam.

“Tentu hal ini sebuah capaian yang patut dibanggakan dan akan terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan dalam kaitan pengelolaan organisasi/lembaga keagaam yang bertumpu pada prinsip musyawarah, serta jauh dari kecenderungan eko personal, ego sektoral dan ego kepentingan,” ujar Gubernur. (MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *