Berita Kendari Pelayanan Publik

Buka Pelatihan Water Rescue Basarnas Kendari, Wali Kota: Semoga Semakin Responsif, Cepat dan Profesional

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Badan Search and Rescue National (Basarnas) Kota Kendari menggelar Pelatihan Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Senin (15/3/2021).

Dalam sambutannya, Wali Kota Kendari mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam membantu melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana, sekaligus sebagai langkah sosialisasi kepada masyarakat agar menambah pengetahuan dan pemahaman terkait bencana-bencana darurat yang terjadi. Sehingga masyarakat dapat mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika terjadi bencana.

Ket: Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, saat membuka kegiatan Pelatihan Water Rescue yang diselenggarakan Basarnas Kota Kendari, Senin (15/3/2021)

“Pelatihan ini sangat strategis untuk menjadi sarana sosialisasi sekaligus nantinya dapat menjadi penyebaran pengetahuan penanganan SAR. Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini pemahaman dalam menyikapi situasi-situasi darurat semakin dipahami oleh masyarakat. Untuk personil SAR juga agar semakin responsif, cepat dan semakin profesional dalam menjalankan tugasnya”, ujarnya.

Dia menjelaskan, wilayah Kota Kendari dominan perairan darat dan laut. Sehingga menurutnya potensi untuk tertolong dan menolong terbatas.

“Bukannya kita berharap agar bencana terjadi, tetapi perairan kita prioritaskan. Kalau di darat kan banyak yang bisa dilibatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi mengatakan, pelatihan ini mengusung tema “Melalui Pelatihan Pertolongan di Permukaan Air Bagi Potensi SAR Kita Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan dalam Setiap Pelaksanaan Operasi SAR yang Profesional, Efektif dan Efisien.”

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat yang berpotensi melakukan pencarian dan penyelamatan serta evakuasi untuk bisa membantu masyarakat,” jelasnya.

Aris juga mengungkapkan, kecelakaan air di Kota Kendari ini sejak Januari hingga Maret 2021 terdapat 15 kejadian, oleh karena itu tugas dan tanggung jawab pihaknya ikut membantu Badan Penanggulangan Bencana.

Baca Juga  Kadis Kominfo Sultra Ajak Masyarakat Ikhlas Ikuti Program Vaksinasi Covid-19 Demi Kebaikan Bersama

Untuk diketahui pelantihan yang akan digelar selama 4 hari ke depan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari unsur TNI POLRI, instansi pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan, serta dari mahasiswa.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *