Kendari

Buka Musda MUI Sultra, Gubernur: Kedepankan Prinsip Saling Mendahulukan dan Tidak Saling Mendahului

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, membuka Musyawarah Daerah (Musda) VI Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sultra di Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (22 Januari 2021) malam. Dalam kesempatan itu, Gubernur berpesan agar dalam proses pemilihan kepengurusan, mengedepankan prinsip saling mendahulukan dan tidak saling mendahului.

Saat mengawali sambutannya, Gubernur menyampaikan sebuah ungkapan terkenal yang termaktub dalam Kitab Durratun Nashihin  yang menjelaskan bahwa tegaknya dunia melalui empat perkara, yaitu ilmunya ulama, adilnya pemimpin, kedermawanan orang kaya, dan doanya fakir miskin.

Hal ini mengisyaratkan bahwa ulama merupakan sosok yang memiliki kapasitas keilmuan yang mumpuni, serta integritas keimanan dan ketakwaan yang kokoh. Dengan demikian, ulama memiliki peran yang sangat penting dan strategis, baik dalam konteks hubungan dengan Allah Ta’aala maupun dengan manusia.

Melalui musda ini, Gubernur berharap MUI Sultra sukses menyatukan pikiran dan pendapat di antara peserta, serta mensinergikan langkah bersama dalam rangka meneguhkan eksistensi dan peran kelembagaan MUI di daerah ini, sehingga dapat menjadi bagian penting dalam upaya mewujudkan Sultra yang aman, maju, sejahtera, dan bermartabat secara berkelanjutan.

“Selain itu, saya juga berharap sinergitas dan kemitraan harmonis yang telah dibangun selama ini dengan berbagai elemen dapat dipertahankan dan dilanjutkan di masa yang akan datang,” kata Gubernur.

Gubernur menilai, keberadaan MUI Sultra telah mampu menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, khususnya dalam pembinaan dan pelayanan umat untuk mewujudkan kehidupan yang rukun dan damai, tidak saja bagi internal umat Islam tetapi juga antar umat beragama.

Terkait dengan terbitnya Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021 yang menyatakan bahwa produk vaksin Covid-19 yang digunakan oleh pemerintah adalah halal, Gubernur berharap, informasi tentang fatwa tersebut dapat tersosialisasi dengan baik.

Baca Juga  BAZNAS, WIZ dan LAZ Se Sultra Salurkan Ratusan Paket Sembako

Hal ini untuk menghindari timbulnya ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan di kalangan masyarakat terhadap kegiatan vaksinasi Covid-19 akibat adanya informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam pembukaan musda tersebut, di antaranya Ketua DPRD Sultra, Kapolda Sultra, Kepala BIN Daerah, dan Sekretaris Daerah. Bupati Buton dan Muna Barat juga turut terlihat dalam acara yang juga digelar secara virtual ini.

Laporan : Diskominfo Sultra
Editor : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *