Kolaka Utara

Banjir Kolut, Rendam 15 Rumah Warga dan Hanyutkan Puluhan Ekor Hewan Ternak

Banjir Bandang disertai lumpur merah kembali melanda Kec. Lasusua, Kolaka Utara, tepatnya di Dusun 4, Desa Sulaho, Kamis (31/12/2020), sekitar pukul 03.00 WITA.

Akibat kejadian ini, sebanyak 15 rumah warga 15 rumah warga terendam lumpur dengan ketinggian kurang lebih 30cm.

Kepala Desa (Kades) Sulaho, Muh Nasir menceritakan bahwa adanya hujan dengan intensitas lebat selama tiga jam dimulai pukul 23.30 WITA sampai 03.00 WITA dini hari menyebabkan bertambahnya debit air di sungai hingga meluber ke permukiman warga.

Kata dia, banjir yang menerjang areal perkebunan dan pemukiman tidak lepas dari aktivitas pertambangan nikel di Desa Sulaho yang masih beroperasi sampai saat ini.

“Ada sungai yang meluap dan ada juga yang jebol di bagian atas, banjirnya tidak lama tapi lumpur terbawa dari area pertambangan sampai masuk ke rumah warga,” kata Nasir.

Dari pantauan Tim Durasi Sultra Kontributor Kolaka Utara, saat ini ada 2 Perusahaan Tambang di Kolaka Utara yang telah beroperasi namun diketahui belum memiliki izin. Masyarakat selalu melakukan demonstrasi menuntut pertanggungjawaban perusahaan tersebut, namun perusahaan tidak merespon.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian, namun banjir tersebut telah menghanyutkan puluhan ekor itik dan ayam serta ribuan kelapa, serta pohon-pohon kelapa mati akibat polusi pertambangan.

Pasca kejadian ini, Wakil Bupati bersama Sekretaris Daerah dan juga Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Kolaka Utara langsung turun ke lokasi untuk meninjau lokasi banjir. BPBD langsung mendata rumah yang terdampak, serta membagikan sembako langsung ke masyarakat yang terdampak.

Reporter : Ibnu Hunais
Editor : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Lantik Kepala SMAN & SMKN, Kadis Dikbud Sultra: Bangun Kerja Sama dengan Guru, Jangan Pakai Manajemen Tusuk Sate

One thought on “Banjir Kolut, Rendam 15 Rumah Warga dan Hanyutkan Puluhan Ekor Hewan Ternak

  1. Terimaksih Infonya..

    Semoga Warga yang terdampak Diberi kesabaran dan Mendapatkan Bantuan Material dan BANSOS..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *