Kolaka Utara

Banjir Bandang di Lasusua, 3 Desa Terdampak, 1 Dusun Tidak Bisa Diakses

Kolaka Utara (durasisultra.id) – Hujan deras yang mengguyur Kec. Lasusua, Kab. Kolaka Utara, selama 3 hari berturut-turut sejak 15 – 17 Desember 2020 menyebabkan Sungai Rantelimbong dan Sungai Batu Ganda meluap, dan ditambah waktu tersebut bertepatan dengan pasangnya air laut Pitulua. Kondisi tersebut mengakibatkan 2 rumah hilang dan ratusan rumah di Desa Rantelimbong, Desa Tojabi dan Desa Pitulua mengalami kerusakan parah. “Rumah-rumah kemasukan lumpur setinggi betis orang dewasa,” ungkap Edy Anhar, Koordinator Asessment Lembaga Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) Sulawesi Tenggara Gerai Kolaka Utara dalam laporan tertulis.

Banjir Bandang ini juga menyebabkan 1 Dusun tidak dapat diakses karena jalan terputus, yakni Desa Pangkasulu Dusun 4. Hal tersebut diperparah oleh tidak adanya jaringan telepon.

Kapolsek Rante Angin, Ipda Agustian Rante Parabang menjelaskan, sebelum air masuk ke permukaman, kawasan perkebunan merica milik warga di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) terlebih dahulu diterjang oleh banjir.

Beliau beserta jajaran kepolisian lainnya datang membantu warga membantu membersihkan lokasi yang terdampak. “Saat kita tiba di lokasi, kita bersama warga sekitar langsung membantu membersihkan sisa-sisa material kemudian mendata berapa rumah yang terkena dampak,” ungkapnya.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerjunkan beberapa alat berat untuk mengangkut tanah lumpur dan pohon yang berserakan di halaman rumah warga serta membuat saluran-saluran agar lumpur yang berada di dalam rumah warga mudah dibersihkan. Personil Dinas Kebersihan juga turut diturunkan untuk memudahkan proses di lapangan.

WIZ Sultra Gerai Kolut bersama Wahdah Peduli melakukan pendataan terhadap warga-warga yang terdampak di berbagai desa yang terkena banjir untuk kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian bantuan berupa sembako dan kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya.

Baca Juga  Bypass Jalur Lasusua - Tobaku Diusulkan Jadi Jalan Nasional

WIZ Sultra Gerai Kolut mengajak masyarakat untuk bersama meringankan beban saudara kita para warga yang terdampak dengan berdonasi melalui Rekening Bank Syariah Mandiri (451) 713 764 3418 a.n. Wahdah Inspirasi Zakar Sultra.

Reporter : AS

Editor : MAIM

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *