Berita Muna Pelayanan Publik

Bangun Infrastruktur, Pemkab Muna Ajukan Pinjaman Tanpa Bunga Senilai Rp. 401 M ke PT. SMI

Pemerintah Kabupaten Muna sedang mengusulkan pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp 401 Miliar melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dikonfirmasi jurnalis Rakyat Sultra, pekan lalu, Bupati Muna, LM Rusman Emba mengatakan bahwa usulan pinjaman tersebut masih berproses.

Terkait hal itu Pemkab Muna telah melakukan komunikasi dengan pihak PT SMI dan Kementrian Dalam Negeri sebagai lembaga yang kompeten untuk menyetujui pinjaman tersebut.

Rusman Emba mengatakan, pinjaman tanpa bunga itu rencananya akan digunakan untuk mendanai kegiatan-kegiatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muna, salah satunya adalah infrastruktur jalan dan air bersih.

“Kami sudah melakukan komunikasi, baik dengan PT SMI maupun Kemendagri. Prinsipnya mereka merespon pinjaman ini karena penggunaannya untuk kegiatan pembangunan infrastruktur. Jadi mereka sangat tertarik,” kata Rusman.

Mantan senator DPD RI ini menyebutkan sejumlah infrastruktur yang akan didanai oleh pinjaman ini diantaranya, jalan, air bersih, rumah sakit, pembangunan pabrik, serta membangun sarana prasarana untuk mensejahterakan masyarakat.

Persoalan infrastruktur jalan kata Rusman tak bisa hanya mengandalkan APBD. “Persoalan jalan yang ada di kecamatan-kecamatan sudah banyak yang rusak. Kalau kita menunggu APBD maka akan memakan waktu yang cukup lama baru bisa dituntaskan,” ucapnya.

Kemudian persoalan rumah sakit, Pemkab Muna akan menambah satu bangunan khusus untuk ruang perawatan pasien dengan kondisi penyakit yang sangat menular, seperti Covid-19.

“Bangunan isolasi pasien Covid-19 yang ada di RSUD Muna saat ini masih menyatu dengan bangunan lain meskipun ada sekat. Kita akan bangun satu gedung baru yang terpisah, khusus untuk penyakit sangat menular seperti Covid-19 ini,” jelasnya.

Pinjmaan Rp 401 M ini juga diproyeksikan untuk membangun kembali Stadion Paelangkuta Raha. “Pembangunan stadion juga masuk dalam rencana pinjaman Rp 401 M ini,” pungkasnya. (RakyatSultra/MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca Juga  Pemprov Sultra Hibahkan Tanah dan Bangunan Kepada Ombudsman RI Perwakilan Sultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *