Konawe Pariwisata

Apresiasi Ide “Gila” Gubernur Kembangkan Pariwisata Sultra, Hugua: Iya, Jika Tidak Demikian, Semua Orang Bisa Jadi Gubernur Dong

DURASISULTRA.ID, KONAWE – Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sultra, Ir. Hugua menyebut Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, sebagai gubernur dengan ide yang “gila”. Hal itu diungkapkannya sebagai wujud apresiasi atas langkah-langkah besar Gubernur Sultra dalam mengembangkan industri pariwisata di Sulawesi Tenggara, utamanya Pembangunan Jalan Poros Kota Kendari – Toronipa.

“Iya, gubernur itu mesti gila. Gila membangun dengan ciri khas, dengan visi tertentu yang dapat menghentakan Indonesia dan menggetarkan dunia,” ujar Hugua saat menghadiri Silaturahim Kerukunan Keluarga Wakatobi di Pantai Toronipa, Konawe, Sabtu (13/3/2021).

Menurut Hugua, jika terobosannya biasa-biasa saja, maka sama seperti menjalani rutinitas biasa saja.

“Jika demikian (terobosan biasa saja-red), maka semua orang bisa jadi gubernur dong,” tutur Mantan Bupati Wakatobi 2 Periode ini.

Hugua mengungkapkan bahwa ia banyak berdiskusi dengan Ali Mazi soal konsep Toronipa sebagai kawasan Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) .

“Jadi, ke depan Toronipa akan menjadi tempat pertemuan dan pameran kelas dunia,” imbuhnya.

Di sana (Toronipa), lanjut Hugua, akan dibangun Convention Center kelas dunia yang dapat menampung ribun orang dilengkapi dengan puluhan aula rapat paralel, untuk mengakomodir rapat-rapat terpisah.

Hugua menambahkan, apabila setiap bulan bisa diadakan rapat atau pameran kelas dunia yang dapat menghadirkan Sekjen PBB atau pejabat setingkatnya, maka diperkirakan dapat diikuti oleh sekurang-kurangnya 5.000 orang per event, dan selanjutnya mengunjungi kawasan-kawasan wisata di kabupaten/kota se-Sultra.

Sehingga bisa diestimasikan, jika pengeluaran setiap orang rata-rata Rp2 juta perhari dengan masa tinggal tiga hari, maka jumlah devisa yang didapatkan mencapai Rp3 miliar per event, dan satu tahun perkiraan devisa mencapai Rp3,6 triliun.

Baca Juga  Pasca Kerusuhan di VDNI & OSS, Wabup Konawe: "Sudah Kondusif"

“Bayangkan jika ini terjadi, maka dana sebesar itu akan meningkatkan kesejahteraan petani, peternak, nelayan, pelayan jasa di kawasan obyek wisata, warungan, toko, jasa transportasi, industri kreatif, hiburan, kerajinan, hotel, restoran dan memicu pertumbuhan semua sendi kehidupan ekonomi lainnya,” papar Hugua.

“Jadi kedepan kita masih butuhkan lompatan-lompatan pemikiran mendunia dari Pak Gubernur dan Pak Wali Kota Kendari, sehingga Kendari dan Sultra ini semakin keren di mata Indonesia dan dunia,” tutupnya. (MAIM)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *