Berita Ekonomi

Ali Mazi Ungkap Sejarah yang Melatarbelakangi Proses Hibah Aset Pemprov ke Pertamina

DURASISULTRA.ID, KENDARI – Pada Acara Penandatanganan Perjanjian Hibah dan Berita Acara Objek Hibah Tanah Depot/Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kendari dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Kepada PT. Pertamina, yang berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur, Senin (9/2/2021), Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) sedikit mengulas tentang sejarah keberadaan depot Pertamina di Sultra.

Ali Mazi mengungkapkan bahwa Keberadaan depot di Kendari bermula dari penugasan khusus Presiden Soeharto kepada Pertamina untuk menyalurkan BBM di wilayah Indonesia bagian timur pada tahun 1979.

Merespon perintah itu, menteri dalam negeri kemudian memerintahkan kepada seluruh kepala daerah di wilayah itu untuk dapat menyediakan lahan kepada Pertamina melalui surat Nomor BTU.8/1718-79 tanggal 13 Agustus 1979.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemprov Sultra pada masa itu segera merespon dengan menyediakan sebidang tanah yang sekarang berlokasi di Jalan RE. Martadinata Nomor 1 Kelurahan Mata, Kota Kendari, yang diperuntukkan bagi Pertamina untuk membangun Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM).

Namun, yang menjadi persoalan adalah sejak tahun 1979 sampai dengan beberapa waktu yang lalu, belum ada penyelesaian hukum atau penyelesaian administrasi terkait penyerahan tanah yang dimaksud.

Menyikapi kondisi yang demikian, upaya penyelesaian persoalan tersebut terus berjalan dengan mengedepankan aspek legalitas sebagaimana yang diamanahkan oleh ketentuan perundang-undangan.

Pertamina kemudian bermohon kepada Pemprov Sultra melalui surat dengan Nomor: 165/100000/2019-SO tertanggal 9 September 2019, meminta agar tanah tersebut, yang tercatat sebagai aset milik pemprov, dihibahkan kepada Pertamina untuk mendapatkan kepastian hukum.

Melalui berbagai tahapan proses, hibah tanah depot Pertamina tersebut dapat terlaksana,  ditandai dengan dikeluarkannya surat persetujuan hibah melalui sidang paripurna DPRD Sultra dan ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Gubernur Sultra Nomor 92 Tahun 2021 tentang Penetapan Pelaksanaan Hibah atas Tanah Milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kepada PT. Pertamina (Persero).

Baca Juga  Tetapkan HATI Sebagai Bupati & Wabup Wakatobi, KPU: Dinamika Pilkada Selesai, Saatnya Berpikir Pembangunan ke Depan

(MAIM/ADV)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *