Gaya Hidup Kesehatan

5 Sampah Ini Bisa Bersihkan Kulit Sepatu Hingga Sembuhkan Luka

DURASISULTRA.ID – Seperti yang telah jamak diketahui, bahan alami memang memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan, kadang bahan alami juga bisa berguna dalam merawat kulit hingga membersihkan perlengkapan. Bahkan, kulit atau sampah dari bahan alami seperti buah atau sayur juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya

Oleh karena itu, agar lebih ramah lingkungan, Kita bisa memanfaatkan sampah rumah tangga dari bahan-bahan tersebut untuk kebutuhan lain.

Penasaran apa saja sampah rumah tangga yang punya manfaat? Mengutip Livspace, simak ulasannya berikut ini.

1. Kulit pisang

Selain bisa dipakai untuk membuat daun tanaman mengilap, kulit pisang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sepatu kulit. Jadi, setelah dikupas, oleskan bagian dalam kulit pisang pada area sepatu kulit untuk membuatnya lebih mengilap tanpa produk apa pun. Setelah itu, bersihkan kembali seluruh area sepatu dengan kain microfiber untuk mengangkat sisa-sisa kulit pisang.

2. Kulit Kentang

Sampah dapur lainnya yang juga bisa dimanfaatkan adalah kulit kentang. Kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi kulit yang kena percikan minyak, kena air panas, atau mengalami infeksi. Sebab kulit kentang punya kemampuan menghambat bakteri yang menginfeksi pada luka sehingga tidak jadi lebih parah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cuci bersih kentang sebelum dikupas kulitnya. Ini perlu dilakukan agar bagian dalam kulit kentang bersih dan aman dioleskan pada kulit yang luka. Setelah dioleskan, diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air biasa.

3. Kulit Semangka

Ternyata mengatasi jerawat juga bisa menggunakan kulit semangka. Bahan alami yang satu ini memiliki senyawa yang bisa berfungsi sebagai anti-acne pada kulit, sehingga bisa menenangkan dan membantu mengempiskan jerawat meradang. Jadi setelah makan semangka jangan langsung dibuat kulitnya yah. Simpan dalam kulkas lalu oleskan pada jerawat setelah wajah dibersihkan setiap malam sebelum tidur.

Baca Juga  TRAVELLING THE WORLD

4. Kulit Apel

Untuk kamu yang sedang berusaha mengatasi mata panda atau lingkar hitam di area mata, kamu bisa mencoba bahan alami seperti kulit apel. Cara melakukannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengupas apel, lalu menyimpan kulitnya di kulkas. Setelah dingin, tempelkan kulit apel di area mata untuk mengatasi lingkar hitam. Tapi sebelum meletakkan kulit apel di area wajah, pastikan wajah dalam kondisi bersih yah.

5. Cangkang Telur

Terakhir ada cangkang telur, sampah dapur yang juga punya banyak manfaat. Menurut ahli kebun asal Amerika Serikat, Yvonne Savio saat diwawancarai Los Angeles Times, cangkang telur sangat baik untuk pengomposan. Selain karena mudah dipecahkan, cangkang telur juga bisa menambahkan dosis kalsium yang baik untuk tanaman.

Selain itu, cangkang telur juga bisa mengecilkan pori-pori di wajah dengan dijadikan masker alami. Cara untuk membuat masker ini hanya dengan menghaluskan cangkang telur dan mencampurnya dengan lemon dan madu. Oleskan masker ini pada wajah dan diamkan beberapa menit, lalu bilas wajah dengan air.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *